Doa agar Ingatan Menjadi Kuat dan Tajam



Doa agar ingatan menjadi kuat sehingga mampu mengingat kejadian dimasa lalu memang sangat diperlukan ketika kita sedang mencari amalan doa supaya daya ingat tajam terutama pada anak sendiri karena melatih daya ingat anak ketika masih sekolah memerlukan ketekunan dalam menyampaikan hal tersebut sehingga tidak ada yang membuat kita merasa sangat tidak masuk akal ketika sedang berada dalam keadaan tertentu dan kemudian lupa karena hal buruk terjadi secara tidak sengaja sehingga menyebabkan kita menjadi sangat tidak menentu oleh keadaan sendiri. Dalam hal ini memang perlu untuk mencapai tingkatan tertentu ketika seseorang sedang mempersiapkan keadaan tersebut sehingga apa yang dilakukan akan sampai pada tingkatan dimana kita dapat mengira-ngira apa yang tidak pantas dan menurut kita itu adalah sesuatu yang membuat malu karena tidak layak dilakukan. Akan sangat membantu kalau kita dapat menyesuaikan diri dalam berbagai hal terutama kebaikan yang ada dalam hidup ini ketika sedang bersama orang lain yang di inginkan untuk mencapai tujuan mulia dalam hidup.

Mengingat sesuatu kadang terasa sangat sulit, apalagi kalau itu adalah memori dimasa lalu yang sudah sangat lama dan mungkin terpendam dalam ingatan kita sehingga bercampur dengan keadaan lain yang menyebabkan kita kesulitan untuk mengingat kejadian sebenarnya yang harus dilakukan sehingga akan lebih baik kalau dapat mengakali hal tersebut sehingga dapat berguna bagi diri sendiri dan orang lain yang akan menyebabkan kita menjadi sosok dimana muncul keinginan untuk mendapatkan kebaikan dari apa yang dilakukan demi kebaikan bersama dengan keadaan dalam hidup sendiri sampai kemudian tidak ada lagi keadaan baru dalam hidup ini.


Bacaan doa melatih ingatan menjadi kuat

Kata Sayyid Hasan bin Shalih al-Bahr, ‘Untuk memudahkan memahami ilmu, mengamalkannya, dan tidak lupa, maka hendaklah mengulang-ulang doa ini,


اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ، وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ، وَإِلْهَامَ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ، اَللَّهُمَّ اغْنِنِى بِالْعِلْمِ، وَزَيِّنِّى بِالْحِلْمِ، وَأَكْرِمْنِى بِالتَّقْوَى، وَجَمِّلْنِى بِالْعَافِيَةِ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمْيِنَ.


Artinya: Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu pemahaman para Nabi, ingatan para Rasul, dan ilham para malaikat yang mempunyai kedudukan istimewa. Ya Allah, cukupkan aku dengan ilmu. Hiasi diriku dengan hilmu (kesantunan dan kelembutan). Muliakan aku dengan takwa. Baguskan diriku dengan afiat (kesehatan). Duhai, yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi.

Tidak salah apabila kita memiliki keinginan untuk mencapai suatu tingkatan dalam hidup ini sehingga mampu membawa diri ke arah yang lebih baik dalam hal ini akan dapat menyesuaikan dengan lingkungan dan memberikan manfaat bagi orang lain sehingga apa yang kita inginkan akan tercapai dengan waktu yang tidak terlalu lama, dalam hal ini orang akan dengan senang hati memberikan kepada kita semua hal baru dalam tidak mudah untuk dipahami ketika kita tidak mengetahui dengan pasti seluk beluk dari keadaan tersebut, namun dengan adanya upaya untuk mencapai semua itu tentu akan lebih gampang dalam memilih mana yang baik dan tidak pantas untuk dilakukan sehingga orang akan dengan senang hati memperlihatkan kepada kita kekaguman mereka atas apa yang dilakukan dan seharusnya mendapatkan kebaikan dari orang lain. Dengan demikian memiliki daya ingat memang penting terutama untuk melatihnya agar mampu menyikapi kehidupan ini dengan sebaik mungkin karena apa yang kita inginkan tidak lepas dari keadaan dalam hidup yang akan berdampak pada keinginan memberikan suasana tersebut pada orang lain sehingga akan berguna bagi orang banyak dalam keadaan ini akan membuat kita merasa sangat perlu untuk mencapai tujuan tersebut.

Artikel Terkait Amalan Doa